Teladan Agung Wanita Surga

John Naisbitt dan Patricia Aburdune dalam buku Megatrends 2000 yang diterbitkan pada tahun 1982 meramalkan : “Bahwa wanita akan mengambil semua peran dalam berbagai lini kehidupan”. Hari ini, ramalan tersebut menjadi sebuah fakta. Era globalisasi saat ini telah memberikan ruang bagi wanita untuk terlibat diberbagai sektor publik di bidang ekonomi, politik, dan bidang sosial lainnya. Keterlibatan wanita yang semakin besar pada sektor publik, dapat dimaknai sebagai sebuah kemajuan. Wanita memiliki kebebasan untuk mengaktualisasikan diri, meraih cita, mengukir prestasi dan menggapai apapun yang diinginkan. Ukuran sukses ditandai dengan adanya posisi yang mapan dan prestise dengan memiliki gaji yang besar, jaringan kerja internasional, jam kerja yang semakin padat. Pertanyaan besarnya adalah apakah dengan itu semua wanita bahagia? Jangan-jangan hanya fatamorgana. Keberlimpahan dunia yang diraih, tapi batinnya (ruhani) nya kosong. Maka dunia itu sendiri pada akhirnya akan menjerumuskannya. Lihatlah penggalan peristiwa yang hari ini banyak wanita telah dirusak oleh dunia. Sekedar contoh, ada istri seorang pejabat belanja di pusat perbelanjaan termahal di dunia di Tokyo dengan belanja sebuah tas seharga delapan ratus lima puluh juta rupiah dengan mengatakan, “murah sekali!”. Barangkali tidak aneh kalau hal ini dilakukan oleh istri pengusaha. Tapi ini istri pejabat!. Deretan contoh lain, wanita terseret kasus korupsi, money laundry, perselingkuhan, LGBT, sampai bandar narkoba. Itulah penggalan – penggalan kondisi wanita hari ini.

Ditengah arus globalisasi dan modernisasi dengan segala dampaknya, ada baiknya para wanita melihat sosok yang patut menjadi teladan karena perjalanan kehidupannya sanggup mengantarkannya ke puncak pencapaian yaitu menjadi penghuni surge. Siapakah dia? Sebagaimana sabda Rasulullah saw ; ” Sebaik-baik wanita muslimah surga adalah Khadijah, Fatimah, Maryam, Asiyah” (HR. Baihaqi).

  1. Khadijah

Siapakah Khadijah? Dia adalah ummul mukminin, ibunya orang-orang beriman, istri baginda Nabi SAW, sosok wanita bangsawan yang setia penuh ketaatan, disegani lagi hartawan, pebisnis sukses yang tetap menjaga harkat kewanitaannya. Khadijah ra juga sosok yang ikhlas, sabar, melayani keperluan rasullullah SAW di Gua Hira saat menjelang kenabian, dan menjadi penenang dan penyejuk jiwa saat rasulullah SAW terguncang hebat kala menerima wahyu yang pertama dengan menghibur dan mengokohkan kedudukan suaminya, “Demi Allah, Allah tidak akan menyia-nyiakanrnu karena Engkau selalu menghubungkan silaturahim, berbicara benar, memikul beban orang lain, menolong orang papa, menghorrnati tamu, dan membantu meringankan derita dan musibah orang lain.”. Pasca kenabian, Khadijah menjadikan seluruh hartanya untuk perjuangan Islam, menjadi wanita pembela pertama perjuangan Rasulullah SAW bersama paman beliau, Abu Thalib. Sampai suatu saat rasulullah SAW mengatakan, “Aku rnengharapkannya (Khadijah) menjadi benteng yang kuat bagi diriku.”. Allah-pun menitip salam kepada Khadijah melalui malaikat Jibril, “Ya Rasulullah, Khadijah sebentar lagi akan datang membawa bejana berisi lauk atau makanan atau minuman. Kalau ia sudah datang, sampaikan salam dari Allah dan dariku. Dan berikan kabar gembira dengan rumah di surga” (HR. Bukhari dan Muslim). Khadijah telah mencapai derajat yang tinggi dan sempurna, yang belum pernah dicapai oleh wanita mana pun.

  1. Fatimah

Kenapa harus Fatimah? Karena ia adalah sosok yang mencerminkan anak yang berbakti pada orang tuanya. Sebuah posisi yang sulit dicapai oleh anak yang tidk pernah menghargai ibu bapaknya. Fatimah adalah anak kesayangan dari ayahnya baginda rassullah SAW. Fatimah pun sangat mencintai Ayahnya. Alkisah, dikala Nabi dilempari darah dan kotoran unta oleh Uqbah bin Abi Muith saat sujud di depan Ka`bah, Fatimah yang mendengar itu segera datang dan membersihkan kotoran itu dari kepala ayahnya. Kemudian Fatimah menghampiri dan memarahi para kafir Quraisy. Tapi malah ditertawakan dan tidak diindahkan karena menganggap Fatimah masih kecil pada saat itu. Fatimah kecil menjadi pembela ayahnya, Muhammad Rasulullah SAW. Kisah lain, saat perang Uhud telah selesai, nabi terluka di pipinya. Giginya patah dan kakinya terluka. Darah pun keluar. Fatimah dibantu Ali, dengan sabar membersihkan luka dan berusaha menghentikan darahnya.

Bagaimanapun Rasulullah teramat mencintai putrinya itu hingga dengan mesra, menjelang wafat Rasulullah memberi kabar gembira pada putrinya. Bahwa diantara kerabatnya, dialah yang akan cepat menyusul kepergian Rasulullah. Sebuah kabar yang membuat Fatimah berhenti menangis dan tersenyum. Enam bulan setelah kepergian Rasulullah, Fatimah kemudian menyusulnya.

  1. Asiyah

Karena ia adalah sosok wanita beriman diantara lingkungan yang sesat. Siapapun tahu siapa suami Asiyah. Ia adalah Raja Fir`aun. Sejarah mencatat kalau Firaun adalah Raja yang sombong lagi congkak. Teramat congkak dan sampai hari ini tidak ada yang menandingi kecongkakannya karena berani mengaku bahwa dirinya adalah Tuhan. Dan semua orang diminta untuk mengakuinya. Barangsiapa yang menolak, maka kematian adalah balasannya. Namun tidak begitu dengan Asiyah. Ketika terjadi peristiwa adu ilmu antara tukang sihir Firaun dan Musa, Asiyah bertanya pada para pengawal, “Siapa yang menang?” Mereka menjawab, “Musa dan Harun“.

Asiyah pun kemudian berkata; “Aku beriman kepada Tuhannya Musa dan Harun“. Sebuah jawaban lugas yang menampar wajah Firaun di muka umum. Angkaranya membuat Asiyah diancam akan dilempari batu besar di padang pasir yang panas. Tapi Asiyah tetap teguh. Sehingga keteguhannya dicatat Allah dalam Al-Quran, “Ya Tuhanku, bangunkanlah untukku sebuah rumah di sisi-Mu dalam surga dan selamatkanlah aku dari Fir`aun dan perbuatannya. Dan selamatkanlah aku dari kaum yang zhalim.” (QS. At-Thamrin : 11)

Asiyah, sosok wanita dan istri yang berbakti kepada suami, namun tegar dan kuat pendirian di tengah rusaknya lingkungan sekitar. Diapun kuat keimanannya walaupun nyawa taruhannya.

  1. Maryam

Ada apa Maryam? Karena ia adalah sosok wanita yang selalu menjaga kesuciannya. Sebuah harga mahal yang makin sulit di dapat di zaman sekarang. Sejarah mencatat, dari wanita yang suci lahir manusia-manusia pilihan. Lihatlah para salafus saleh kebanggan Islam. Mereka dilahirkan oleh sosok ibu yang menjaga dirinya, dan sabar dalam mendidik anak-anaknya. Begitu juga dengan Maryam, dari rahimnya lahirlah Nabi Isa. Ada proses panjang dimana Maryam dicatat sebagai wanita surga. Bayangkan, seorang wanita yang selalu menjaga kesuciannya diberi ujian kehamilan. Sulit untuk dimengerti jika itu bisa terjadi tanpa campur tangan laki-laki. Tapi itulah takdir yang diterima dengan ikhlas oleh Maryam. Walau hinaan dan cemoohan datang bertubi-tubi, ia pasrahkan segalanya pada Allah. Karena hanya Allah yang tahu kalau dirinya tidak pernah berbuat sekeji itu. Bandingkan dengan wanita saat ini yang mempunyai bayi tanpa ayah bukan karena mukjizat seperti yang dialami Maryam, tapi karena kebejatan moral.

Perenungan selanjutnya adalah adakah wanita hari ini yang bergelar bangsawan namun sanggup menjadi pembela dakwah Rasulullah sebagaimana Khadijah? Adakah wanita pebisnis sukses hari ini yang menyerahkan seluruh hartanya untuk dakwah Islam? Adakah hari ini sosok wanita yang sangat mencintai ayahnya? Berbakti kepada orang tuanya? Bahkan adakah anak-anak kaum muslimin hari ini yang sudah berani melawan kedhaliman sebagaimana telah ditunujukkan oleh Fatimah kecil? Adakah wanita-wanita yang tegar dan kuat keimanannya ditengah rusaknya lingkungan hari ini, sebagaimana dicontohkan oleh Asiyah istri Fir’aun? Adakah hari ini sosok wanita yang menjaga kesucian dirinya ditengah rusaknya tata pergaulan hari ini, dimana Maryam telah menjadi teladan sempurna?

Semoga perjalanan kehidupan Khadijah, Fatimah, Asiyah & Maryam menjadi inspirasi serta teladan para wanita dalam menggapai surga di era globalisasi dan modernisasi hari ini.

Wallohu’alam.

Penulis

Ir. Moch Arief – Dir. Eksekutif NIG.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Selamat Datang,Ada yang bisa kami bantu?
Assalamu'alaikum,
Silahkan bertanya kepada kami. Kami Siap membantu anda
Powered by
%d blogger menyukai ini: